Evaluasi Kualitas Ruang Taman Pintar Kalijodo Terhadap Kebutuhan Perkembangan Psikologis Anak dengan Pendekatan Ruang Publik Ramah Anak

Kristianto, Mandau A. and Sandy, Kelly and Prihandrijanti, Maria (2022) Evaluasi Kualitas Ruang Taman Pintar Kalijodo Terhadap Kebutuhan Perkembangan Psikologis Anak dengan Pendekatan Ruang Publik Ramah Anak. Architecture Innovation, 6 (1). pp. 32-50. ISSN 2549-080X

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL: http://journal.podomorouniversity.ac.id/index.php/...

Abstract

Page Header OPEN JOURNAL SYSTEMS Download Here : DESKRIPSI GAMBAR Journal Help USER Username Password Remember me NOTIFICATIONS View Subscribe JOURNAL CONTENT Search Search Scope All Browse By Issue By Author By Title Other Journals FONT SIZE INFORMATION For Readers For Authors For Librarians HOME ABOUT LOGIN REGISTER SEARCH CURRENT ARCHIVES ANNOUNCEMENTS JOURNAL TEMPLATE Home > Vol 6, No 1 (2022) > Kristianto EVALUASI KUALITAS RUANG TAMAN PINTAR KALIJODO TERHADAP KEBUTUHAN PERKEMBANGAN PSIKOLOGIS ANAK DENGAN PENDEKATAN RUANG PUBLIK RAMAH ANAK Mandau Apri Kristianto, Kelly Sandy, Maria Prihandrijanti ABSTRACT Taman Pintar Kalijodo merupakan ruang publik yang dibangun di tengah permukiman oleh pemerintah dengan konsep ramah anak sebagai upaya menyejahterakan kehidupan anak-anak permukiman. Taman ini berpotensi sebagai child-friendly public space di perkotaan. Kualitas ruang publik ramah anak memiliki kaitan yang erat terhadap perkembangan psikologis anak. Beragam fasilitas dapat ditemukan di Taman Pintar Kalijodo. Anak-anak dari berbagai usia datang dan menikmati fasilitas dan alat permainan yang ada sebagai upaya pertumbuhan dan perkembangan anak. Penelitian ini mengevaluasi konsep ramah anak Taman Pintar Kalijodo dengan pendekatan teori child-friendly public space oleh UN-Habitat. Hasil evaluasi tersebut dianalisis berdasarkan kriteria kebutuhan perkembangan psikologis anak. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif melalui observasi langsung, dokumentasi, dan pemetaan. Analisis data didukung oleh studi literatur yang berhubungan dengan ruang publik ramah anak dan perkembangan psikologis anak. Hasil analisis menyatakan bahwa terdapat dua elemen child-friendly public space yang belum terpenuhi, yakni keamanan dan kenyamanan. Hal ini dapat menyebabkan perkembangan psikologis anak terhambat. Kekurangan pada elemen keamanan terutama untuk kelompok usia Balita berupa tidak adanya pembatas antara area playground dan lapangan futsal. Kekurangan pada elemen kenyamanan terdapat pada kelompok usia Balita dan anak sekolah (6-12 tahun) karena pemandangan Kali Krendang yang tidak sedap dilihat dan beberapa wahana permainan yang tidak terurus. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi dasar perancangan ruang publik dengan konsep ramah anak yang mendukung perkembangan psikologis anak.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: ruang publik, ramah anak, perkembangan psikologis, Taman Pintar Kalijodo
Subjects: Architecture
Divisions: Journal Article > Prodi Arsitektur
Depositing User: Prasetiyo Suhendro
Date Deposited: 17 Oct 2023 04:56
Last Modified: 17 Oct 2023 04:56
URI: http://repository.podomorouniversity.ac.id/id/eprint/1096

Actions (login required)

View Item View Item