Desain Jembatan Kereta Api Rangka Batang Bentang 62 Meter

Stephanie, Stephanie (2023) Desain Jembatan Kereta Api Rangka Batang Bentang 62 Meter. Diploma thesis, Podomoro University.

[img]
Preview
Text (Cover)
22190016_TA_1_Cover.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Surat Bebas Plagiat)
22190016_TA_2_SuratBebasPlagiat.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Halaman Pengesahan)
22190016_TA_3_HalamanPengesahan.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (41kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Kata Pengantar)
22190016_TA_4_KataPengantar.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Persetujuan Publikasi)
22190016_TA_5_PersetujuanPublikasi.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Abstrak)
22190016_TA_6_Abstrak.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (228kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Isi)
22190016_TA_7_DaftarIsi.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Gambar)
22190016_TA_8_DaftarGambar.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Tabel)
22190016_TA_9_DaftarTabel.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Lampiran)
22190016_TA_10_DaftarLampiran.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1)
22190016_TA_11_BAB1.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (362kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 2)
22190016_TA_12_BAB2.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 3)
22190016_TA_13_BAB3.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (970kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 4)
22190016_TA_14_BAB4.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 5)
22190016_TA_15_BAB5.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
22190016_TA_17_DaftarPustaka.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Lampiran)
22190016_TA_18_Lampiran.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Jembatan kereta api merupakan salah satu infrastruktur yang berperan dalam menyediakan jalur transportasi yang aman dan efisien bagi kereta api. Jembatan kereta api harus dirancang agar dapat menopang beban-beban di atasnya, terutama beban kereta api bergerak, serta getaran lainnya yang dihasilkan oleh kereta api saat melintas. Oleh karena itu, diperlukan perancangan dan mendesain jembatan kereta api. Jembatan yang didesain memiliki panjang bentang 62 meter, lebar bentang 4,6 meter, dan tinggi 9 meter di Medan Rantauprapat. Jembatan ini menggunakan rangka batang Warren dan material baja sebagai struktur utama, serta menggunakan sambungan baut. Perhitungan analisis struktural dan kekuatan dalam desain jembatan kereta api ini menggunakan aplikasi Microsoft Excel untuk perhitungan manual dan juga SAP2000. Mutu baja menggunakan ASTM A36, dengan kuat leleh 250 MPa dan kuat putus 400 MPa. Mutu sambungan baut menggunakan A325 dengan menganggap ulir baut berada dalam daerah geser, dengan kuat geser nominal 372 MPa dan kuat tarik nominal 620 MPa. Setelah dihitung dan dianalisis kekuatannya menggunakan metode Allowable Stress Design (ASD), profil baja yang dipakai adalah gelagar memanjang WF 900.300.18.34, gelagar melintang WF 1200.300.18.34, batang diagonal WF 400.400.16.24, batang tepi atas ?479x654/87x30x32, batang tepi bawah ?464x580/127x25x32, dan ikatan angin T 150.200.12.12 dengan 7 jenis sambungan yang berbeda dengan diameter baut 22 mm.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors (Pembimbing):
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
UNSPECIFIEDSuwito, Suwitonidn0310036702UNSPECIFIED
UNSPECIFIEDSetiawan, Andre Feliksnidn0309059002UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: jembatan kereta api, rangka batang, sambungan baut, baja, desain struktur, SAP2000
Subjects: Construction Engineering and Management
Divisions: Prodi Manajemen Rekayasa Konstruksi
Depositing User: Prasetiyo Suhendro
Date Deposited: 13 Sep 2023 08:06
Last Modified: 13 Sep 2023 08:06
URI: http://repository.podomorouniversity.ac.id/id/eprint/947

Actions (login required)

View Item View Item