Posisi Dominan Perusahaan Media Sosial Asing Berdasarkan Hukum Persaingan Usaha di Indonesia

Betti, Betti (2021) Posisi Dominan Perusahaan Media Sosial Asing Berdasarkan Hukum Persaingan Usaha di Indonesia. bachelor thesis, Podomoro University.

[img]
Preview
Text (Cover)
41170002_TA_1_Cover.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Surat Bebas Plagiat)
41170002_TA_2_SuratBebasPlagiat.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Halaman Pengesahan)
41170002_TA_3_HalamanPengesahan.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (320kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Kata Pengantar)
41170002_TA_4_KataPengantar.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (41kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Halaman Pernyataan Persetujuan Publikasi)
41170002_TA_5_PersetujuanPublikasi.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Abstrak)
41170002_TA_6_Abstrak.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Isi)
41170002_TA_7_DaftarIsi.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Gambar)
41170002_TA_8_DaftarGambar.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1)
41170002_TA_11_BAB1.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (275kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 2)
41170002_TA_12_BAB2.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (389kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 3)
41170002_TA_13_BAB3.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (240kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 4)
41170002_TA_14_BAB4.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (406kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 5)
41170002_TA_15_BAB5.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
41170002_TA_16_DaftarPustaka.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Lampiran)
41170002_TA_17_Lampiran.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (117kB) | Preview

Abstract

Penelitian mengenai “Posisi Dominan Perusahaan Media Sosial Asing berdasarkan Aspek Hukum Persaingan Usaha di Indonesia” memiliki dua rumusan masalah yakni bagaimana ruang lingkup dan keberlakuan UU No. 5/1999 terhadap perusahaan media sosial asing di Indonesia serta penggunaan posisi dominannya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kedua rumusan masalah tersebut dengan harapan dapat menjawab apakah UU No. 5/1999 berlaku bagi perusahaan media sosial asing yaitu Facebook dan apakah posisi dominan yang dimiliki tersebut disalahgunakan atau tidak berdasarkan hukum persaingan usaha di Indonesia. Penelitian ini bersifat normatif dengan tiga metode pendekatan yakni pendekatan undang-undang, pendekatan kasus dan pendekatan perbandingan. Hasilnya, kelompok Facebook memiliki posisi dominan berdasarkan Pasal 25 ayat (2) dalam pasar bersangkutan media sosial yang memiliki fungsi sebagai jasa layanan komunikasi, jasa jaringan sosial, dan jasa periklanan online. Selain Pasal 25 tentang Penyalahgunaan Posisi Dominan dan berdasarkan investigasi dari komisi persaingan usaha negara lain, kegiatan kelompok pelaku usaha ini dapat diduga melanggar Pasal 12, Pasal 17 dan Pasal 27 UU No. 5/1999.

Item Type: Thesis (bachelor)
Contributors (Pembimbing):
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
UNSPECIFIEDMahatta, Afdhalnidn0311088701UNSPECIFIED
UNSPECIFIEDCandra, Siantinidn0321078805UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Posisi Dominan, Perusahaan media sosial asing, UU No. 5/1999, pangsa pasar, pasar bersangkutan, digital competition law.
Subjects: Business Law
Divisions: Prodi Hukum Bisnis
Depositing User: Kurnia Sholihah
Date Deposited: 07 Sep 2021 08:36
Last Modified: 07 Sep 2021 08:36
URI: http://repository.podomorouniversity.ac.id/id/eprint/441

Actions (login required)

View Item View Item