Sebastian, Winston (2022) Perancangan Sekolah Dasar Luar Biasa Tunarungu (SDLB-B) dengan Pendekatan Deaf Architecture di Jakarta. bachelor thesis, Universitas Agung Podomoro.
|
Text (Cover)
21170001_TA_1_Cover.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (8kB) | Preview |
|
|
Text (Surat Bebas Plagiat)
21170001_TA_2_SuratBebasPlagiat.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (Halaman Pengesahan)
21170001_TA_3_HalamanPengesahan.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (515kB) | Preview |
|
|
Text (Kata Pengantar)
21170001_TA_4_KataPengantar.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (24kB) | Preview |
|
|
Text (Halaman Pernyataan Persetujuan Publikasi)
21170001_TA_5_PersetujuanPublikasi.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (293kB) | Preview |
|
|
Text (Abstrak)
21170001_TA_6_Abstrak.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (21kB) | Preview |
|
|
Text (Daftar Isi)
21170001_TA_7_DaftarIsi.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (231kB) | Preview |
|
|
Text (Daftar Gambar)
21170001_TA_8_DaftarGambar.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (357kB) | Preview |
|
|
Text (Daftar Tabel)
21170001_TA_9_DaftarTabel.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (227kB) | Preview |
|
|
Text (Daftar Lampiran)
21170001_TA_10_DaftrLampiran.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (341kB) | Preview |
|
|
Text (Bab 1)
21170001_TA_11_BAB1.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (364kB) | Preview |
|
Text (Bab 2)
21170001_TA_12_BAB2.pdf Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) |
||
Text (Bab 3)
21170001_TA_13_BAB3.pdf Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (241kB) |
||
Text (Bab 4)
21170001_TA_14_BAB4.pdf Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
||
Text (Bab 5)
21170001_TA_15_BAB5.pdf Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
||
Text (Bab 6)
21170001_TA_15_BAB6.pdf Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (26kB) |
||
|
Text (Daftar Pustaka)
21170001_TA_16_DaftarPustaka.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (248kB) | Preview |
|
Text (Lampiran)
21170001_TA_17_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) |
Abstract
Sebagai penyandang disabilitas, siswa tunarungu membutuhkan kebutuhan yang berbeda dengan siswa normal. Gangguan pada pendengaran dapat menyebabkan kesulitan komunikasi bagi penyandang tunarungu. Komunikasi visual dan sensorik menjadi dasar bagi siswa tunarungu untuk berkomunikasi. Oleh karena itu, seorang siswa tunarungu memiliki kebutuhan yang berbeda dengan siswa biasa, baik dari segi kegiatan sehari-hari maupun kenyamanan dalam melakukannya. Sekolah luar biasa tunarungu (Sekolah Luar Biasa Tipe B) dalam hal ini, harus mampu memenuhi kebutuhan siswa tunarungu tersebut. Teori Deaf Space merupakan salah satu teori yang dikemukakan oleh Hansel Bauman (Chiambretto & Trillingsgaard, 2017) sebagai teori yang menjawab kebutuhan penyandang tunarungu. Teori ini diterapkan pada bangunan yang diperuntukkan bagi pengguna tunarungu, termasuk sekolah khusus tunarungu ini. Faktanya, desain sekolah tunarungu di Jakarta masih belum menerapkan konsep ruang tunarungu secara keseluruhan. Hal ini mengakibatkan kurangnya kenyamanan belajar siswa tunarungu di sekolah tersebut. Penelitian ini berfokus pada penerapan teori Deaf Space di sekolah luar biasa tunarungu di Jakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan studi kasus berdasarkan survei, analisis teoritis, dan studi preseden terkait.
Item Type: | Thesis (bachelor) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors (Pembimbing): |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | deaf space, deaf architecture, siswa tunarungu, sekolah luar biasa | ||||||||
Subjects: | Architecture | ||||||||
Divisions: | Prodi Arsitektur | ||||||||
Depositing User: | Kurnia Sholihah | ||||||||
Date Deposited: | 23 Feb 2022 07:38 | ||||||||
Last Modified: | 04 Mar 2022 04:21 | ||||||||
URI: | http://repository.podomorouniversity.ac.id/id/eprint/589 |
Actions (login required)
View Item |