Perancangan Sekolah Dasar Luar Biasa Tunarungu (SDLB-B) dengan Pendekatan Deaf Architecture di Jakarta

Sebastian, Winston (2022) Perancangan Sekolah Dasar Luar Biasa Tunarungu (SDLB-B) dengan Pendekatan Deaf Architecture di Jakarta. bachelor thesis, Universitas Agung Podomoro.

[img]
Preview
Text (Cover)
21170001_TA_1_Cover.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Surat Bebas Plagiat)
21170001_TA_2_SuratBebasPlagiat.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Halaman Pengesahan)
21170001_TA_3_HalamanPengesahan.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (515kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Kata Pengantar)
21170001_TA_4_KataPengantar.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Halaman Pernyataan Persetujuan Publikasi)
21170001_TA_5_PersetujuanPublikasi.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (293kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Abstrak)
21170001_TA_6_Abstrak.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (21kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Isi)
21170001_TA_7_DaftarIsi.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (231kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Gambar)
21170001_TA_8_DaftarGambar.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (357kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Tabel)
21170001_TA_9_DaftarTabel.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (227kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Lampiran)
21170001_TA_10_DaftrLampiran.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (341kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1)
21170001_TA_11_BAB1.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (364kB) | Preview
[img] Text (Bab 2)
21170001_TA_12_BAB2.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img] Text (Bab 3)
21170001_TA_13_BAB3.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (241kB)
[img] Text (Bab 4)
21170001_TA_14_BAB4.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)
[img] Text (Bab 5)
21170001_TA_15_BAB5.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)
[img] Text (Bab 6)
21170001_TA_15_BAB6.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (26kB)
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
21170001_TA_16_DaftarPustaka.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (248kB) | Preview
[img] Text (Lampiran)
21170001_TA_17_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Sebagai penyandang disabilitas, siswa tunarungu membutuhkan kebutuhan yang berbeda dengan siswa normal. Gangguan pada pendengaran dapat menyebabkan kesulitan komunikasi bagi penyandang tunarungu. Komunikasi visual dan sensorik menjadi dasar bagi siswa tunarungu untuk berkomunikasi. Oleh karena itu, seorang siswa tunarungu memiliki kebutuhan yang berbeda dengan siswa biasa, baik dari segi kegiatan sehari-hari maupun kenyamanan dalam melakukannya. Sekolah luar biasa tunarungu (Sekolah Luar Biasa Tipe B) dalam hal ini, harus mampu memenuhi kebutuhan siswa tunarungu tersebut. Teori Deaf Space merupakan salah satu teori yang dikemukakan oleh Hansel Bauman (Chiambretto & Trillingsgaard, 2017) sebagai teori yang menjawab kebutuhan penyandang tunarungu. Teori ini diterapkan pada bangunan yang diperuntukkan bagi pengguna tunarungu, termasuk sekolah khusus tunarungu ini. Faktanya, desain sekolah tunarungu di Jakarta masih belum menerapkan konsep ruang tunarungu secara keseluruhan. Hal ini mengakibatkan kurangnya kenyamanan belajar siswa tunarungu di sekolah tersebut. Penelitian ini berfokus pada penerapan teori Deaf Space di sekolah luar biasa tunarungu di Jakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan studi kasus berdasarkan survei, analisis teoritis, dan studi preseden terkait.

Item Type: Thesis (bachelor)
Contributors (Pembimbing):
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
UNSPECIFIEDNadia, Adlinidn0322058205UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: deaf space, deaf architecture, siswa tunarungu, sekolah luar biasa
Subjects: Architecture
Divisions: Prodi Arsitektur
Depositing User: Kurnia Sholihah
Date Deposited: 23 Feb 2022 07:38
Last Modified: 04 Mar 2022 04:21
URI: http://repository.podomorouniversity.ac.id/id/eprint/589

Actions (login required)

View Item View Item