Perancangan Produk Permainan Papan Guna Meningkatkan Interaksi Sosial

Setiawan, Irfan (2022) Perancangan Produk Permainan Papan Guna Meningkatkan Interaksi Sosial. bachelor thesis, Podomoro University.

[img]
Preview
Text (Cover)
23180016_TA_1_Cover.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Surat Bebas Plagiat)
23180016_TA_2_SuratBebasPlagiat.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Halaman Pengesahan)
23180016_TA_3_HalamanPengesahan.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Kata Pengantar)
23180016_TA_4_KataPengantar.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Halaman Pernyataan Persetujuan Publikasi)
23180016_TA_5_PersetujuanPublikasi.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (962kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Abstrak)
23180016_TA_6_Abstrak.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Isi)
23180016_TA_7_DaftarIsi.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Gambar)
23180016_TA_8_DaftarGambar.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1)
23180016_TA_11_BAB1.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (206kB) | Preview
[img] Text (Bab 2)
23180016_TA_12_BAB2.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (327kB) | Request a copy
[img] Text (Bab 3)
23180016_TA_13_BAB3.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (228kB) | Request a copy
[img] Text (Bab 4)
23180016_TA_14_BAB4.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text (Bab 5)
23180016_TA_15_BAB5.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (95kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
23180016_TA_17_DaftarPustaka.pdf

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Image (Poster)
23180016_TA_19_Poster.png
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (533kB) | Preview

Abstract

Penurunan tingkat empati anak akan berdampak buruk bagi lingkungan sekitarnya, berawal dari kemajuan teknologi yang sangat pesat, sekarang tak jarang orang memiliki 2 gawai bahkan lebih demi memenuhi gengsi atau tuntutan pekerjaan. Penggunaan elektronik yang berlebihan akan berdampak buruk bagi pemakai contohnya, radiasi yang dapat mengganggu jaringan saraf dan otak. Sebagai makhluk sosial, manusia butuh bersosialisasi dan ini tidak akan tercapai jika mereka terus menatap alat elektronik tanpa berkomunikasi, ada banyak cara untuk dapat bersosialisasi dengan menggunakan berbagai macam media, salah satunya media cetak dengan permainan atau biasa disebut dengan permainan papan. Permainan papan adalah jenis permainan yang mengharuskan tatap muka secara langsung dan salah satu komponennya berupa lembaran persegi seperti papan dari berbagai bahan tetapi biasanya terbuat dari karton tebal, kayu dan bahan lainnya. Permainan papan dapat dirancang untuk dimainkan oleh lebih dari satu orang, sehingga dapat meningkatkan cara berkomunikasi, berinteraksi dengan orang lain, aktif, dan lebih percaya diri. Monopoli, Catur, Ludo, Halma, dan Ular Tangga adalah contoh permainan papan yang terkenal. Berkembangnya industri permainan papan di Indonesia mendapat bantuan dari APIBGI (Asosiasi Pegiat Industri permainan papan Indonesia) dan Bekraf (Badan Ekonomi Kreatif) Indonesia berhasil mendapatkan banyak prestasi di ajang kelas dunia. Penelitian ini akan mencoba menggali permainan papan dengan melihat tren pasar dan keinginan pengguna. Hasil penelitian akan berupa desain produk permainan papan dengan harapan mampu memenuhi permintaan pasar akan produk permainan papan edukasi yang dapat mendukung masyarakat dalam meningkatkan interaksi sosial satu sama lain serta meningkatkan konsumsi buah di Indonesia.

Item Type: Thesis (bachelor)
Contributors (Pembimbing):
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
PembimbingJunianto, Aloysius Baskoronidn0307067108UNSPECIFIED
PembimbingAgustin, Abang Edwin Syarifnidn0329086901UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kemajuan Teknologi, Interaksi Sosial, Tingkat Empati, Permainan Papan, Buah
Subjects: Product Design
Divisions: Prodi Desain Produk
Depositing User: Kurnia Sholihah
Date Deposited: 13 Sep 2022 08:36
Last Modified: 13 Sep 2022 08:36
URI: http://repository.podomorouniversity.ac.id/id/eprint/705

Actions (login required)

View Item View Item