Perancangan Transportation Hub Dukuh Atas Dengan Pendekatan Mobilitas dan Aksesibilitas Pada Kawasan

Antono, Renoska (2019) Perancangan Transportation Hub Dukuh Atas Dengan Pendekatan Mobilitas dan Aksesibilitas Pada Kawasan. bachelor thesis, Podomoro University.

[img]
Preview
Text (Cover)
1 COVER-SKRIPSI-21150024.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Surat Bebas Plagiat)
2 BEBAS PLAGIAT-SKRIPSI-21150024.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Halaman Pengesahan)
3 HALAMAN PENGESAHAN-SKRIPSI-21150024.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Kata Pengantar)
4 KATA PENGANTAR-SKRIPSI-21150024.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Halaman Pernyataan Persetujuan Publikasi)
5 PERSETUJUAN PUBLIKASI-SKRIPSI-21150024.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Abstrak)
6 ABSTRAK-SKRIPSI-21150024.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Isi)
7 DAFTAR ISI-SKRIPSI-21150024.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Gambar)
8 DAFTAR GAMBAR-SKRIPSI-21150024.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (256kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Tabel)
9 DAFTAR TABEL-SKRIPSI-21150024.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1)
10 BAB 1-SKRIPSI-21150024.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (205kB) | Preview
[img] Text (Bab 2)
11 BAB 2-SKRIPSI-21150024.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)
[img] Text (Bab 3)
12 BAB 3-SKRIPSI-21150024.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (294kB)
[img] Text (Bab 4)
13 BAB 4-SKRIPSI-21150024.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)
[img] Text (Bab 5)
14 BAB 5-SKRIPSI-21150024.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)
[img] Text (Bab 6)
15 BAB 6-SKRIPSI-21150024.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (284kB)
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
16 DAFTAR PUSTAKA-SKRIPSI-21150024.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (51kB) | Preview

Abstract

Transit Oriented Development (TOD) merupakan sebuah konsep perancangan kawasan yang memadukan antara fungsi transit dengan manusia, kegiatan, bangunan, dan ruang publik. Konsep ini memberikan sejumlah keuntungan bagi kawasan maupun masyarakat seperti mengurangi penggunaan kendaraan pribadi, kemacetan jalan, polusi udara meningkatkan aksesibilitas kawasan serta menyediakan pembangunan yang memrioritaskan pejalan kaki dan pesepeda. Kota Jakarta diperkirakan akan menghadapi kemacetan total pada tahun 2020. Diperkirakan bahwa permasalahan lalu lintas ini akan menyebabkan beberapa kerugian ekonomi yang diakumulasikan dari beberapa aspek seperti waktu, bahan bakar, juga masalah kesehatan. Kota Jakarta sudah mengalami isu kemacetan selama puluhan tahun dan salah satu penyebabnya ialah Kota Jakarta belum menerapkan konsep TOD seutuhnya. Dukuh Atas merupakan kawasan yang memiliki potensi yang sangat tinggi untuk menjadi kawasan TOD serta merupakan salah satu interchange yang kompleks di Jakarta. Dukuh Atas diprediksi akan menjadi pusat mobilitas transportasi utama dikarenakan memiliki akses terhadap 5 jenis moda transportasi. Namun kawasan Dukuh Atas diskonektivitas antar moda transportasi maupun aksesibilitas kawasannya diakibatkan batasan-batasan fisik yang terdapat pada kawasan sehingga Dukuh Atas membutuhkan sebuah penataan serta elemen infrastruktur pendukung berupa transportation hub yang tidak hanya berperan sebagai infrastruktur pendukung multi moda, namun mampu mempermudah aksesibilitas maupun mobilitas kawasan agar dapat meningkatkan kemudahan juga kenyamanan pengguna moda transportasi maupun masyarakat untuk berpindah sehingga dapat mengurangi penggunaan kendaraan pribadi yang menyebabkan kemacetan di Kota Jakarta.

Item Type: Thesis (bachelor)
Contributors (Pembimbing):
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
UNSPECIFIEDCarolina, Carolinanidn0303118801UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Transportation Hub, Transit Oriented Development, Aksesibilitas dan Mobilitas
Subjects: Architecture
Divisions: Prodi Arsitektur
Depositing User: Kurnia Sholihah
Date Deposited: 22 Oct 2020 09:18
Last Modified: 22 Oct 2020 09:18
URI: http://repository.podomorouniversity.ac.id/id/eprint/405

Actions (login required)

View Item View Item