Djauhari, Marc Jeremy (2023) Keterkaitan Karakteristik MXD Terhadap Pola Tarikan dan Bangkitan Pergerakan Kendaraan. bachelor thesis, Podomoro University.
|
Text (Cover)
2519006_TA_1_Cover.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (141kB) | Preview |
|
|
Text (Surat Bebas Plagiat)
2519006_TA_2_SuratBebasPlagiat.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (161kB) | Preview |
|
|
Text (Halaman Pengesahan)
2519006_TA_3_HalamanPengesahan.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (167kB) | Preview |
|
|
Text (Kata Pengantar)
2519006_TA_4_KataPengantar.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (207kB) | Preview |
|
|
Text (Persetujuan Publikasi)
2519006_TA_5_PersetujuanPublikasi.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (141kB) | Preview |
|
|
Text (Abstrak)
2519006_TA_6_Abstrak.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (134kB) | Preview |
|
|
Text (Daftar Isi)
2519006_TA_7_DaftarIsi.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (192kB) | Preview |
|
|
Text (Daftar Gambar)
2519006_TA_8_DaftarGambar.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (177kB) | Preview |
|
|
Text (Daftar Tabel)
2519006_TA_9_DaftarTabel.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (243kB) | Preview |
|
|
Text (Daftar Lampiran)
2519006_TA_10_DaftarLampiran.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (175kB) | Preview |
|
|
Text (Bab 1)
2519006_TA_11_BAB1.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (296kB) | Preview |
|
Text (Bab 2)
2519006_TA_12_BAB2.pdf Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (465kB) | Request a copy |
||
Text (Bab 3)
2519006_TA_13_BAB3.pdf Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (779kB) | Request a copy |
||
Text (Bab 4)
2519006_TA_14_BAB4.pdf Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (520kB) | Request a copy |
||
Text (Bab 5)
2519006_TA_15_BAB5.pdf Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (141kB) | Request a copy |
||
|
Text (Daftar Pustaka)
2519006_TA_16_DaftarPustaka.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (203kB) | Preview |
|
|
Text (Lampiran)
2519006_TA_17_Lampiran.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) | Preview |
Abstract
Pemanfaatan lahan dan transportasi saling terhubung dan memiliki dampak signifikan satu sama lain. Aktivitas dalam pemanfaatan lahan, seperti pengembangan kawasan perkotaan dengan penggunaan beragam (Mixed-Use Development/MXD), berkontribusi pada peningkatan daya tarik dan generasi pergerakan kendaraan di daerah sekitarnya. MXD telah menjadi tren dalam pembangunan perkotaan untuk menciptakan area yang hidup, beragam, dan berkelanjutan dengan mengintegrasikan berbagai fungsi dan aktivitas dalam satu tempat. Namun, dampak positif MXD terhadap pilihan transportasi aktif, seperti berjalan kaki, bersepeda, dan menggunakan transportasi umum, perlu seimbang dengan perencanaan transportasi yang efisien. Masalah kemacetan lalu lintas di daerah seperti Podomoro City, Kuningan City, dan Mall of Indonesia menunjukkan perlunya perencanaan yang lebih baik dan pengendalian aliran lalu lintas untuk mengatasi lonjakan volume kendaraan. Selain itu, tingkat urbanisasi yang tinggi dan pertumbuhan kendaraan bermotor di kota-kota seperti Jakarta adalah faktor utama penyebab masalah transportasi. Pengembangan MXD harus mempertimbangkan daya tarik tinggi dan generasi pergerakan sambil juga memperhatikan kapasitas jalan yang sudah ada. Upaya untuk mencapai masyarakat yang berkelanjutan dan mengurangi dampak negatif ketergantungan pada kendaraan bermotor harus menjadi prioritas dalam pengembangan area MXD. Untuk mengatasi masalah transportasi terkait penggunaan lahan dan pertumbuhan kendaraan, penelitian lebih lanjut mengenai pengaruh karakteristik MXD terhadap model daya tarik dan generasi pergerakan kendaraan menjadi sangat penting. Temuan dari penelitian ini dapat menjadi dasar untuk pengambilan keputusan dalam pengembangan area dan membantu merancang perencanaan transportasi yang lebih efektif untuk menciptakan lingkungan yang berkelanjutan dan nyaman bagi masyarakat.
Item Type: | Thesis (bachelor) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors (Pembimbing): |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Pembangunan Penggunaan Campuran, Pola Pergerakan, Jakarta | ||||||||||||
Subjects: | Urban and Regional Planning | ||||||||||||
Divisions: | Prodi Perencanaan Wilayah dan Kota | ||||||||||||
Depositing User: | Prasetiyo Suhendro | ||||||||||||
Date Deposited: | 14 Sep 2023 04:08 | ||||||||||||
Last Modified: | 14 Sep 2023 04:08 | ||||||||||||
URI: | http://repository.podomorouniversity.ac.id/id/eprint/952 |
Actions (login required)
View Item |