Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Nasabah untuk Tetap Menabung di Bank Mandiri dan BCA

Runtuwene, Calvin Andrew (2021) Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Nasabah untuk Tetap Menabung di Bank Mandiri dan BCA. bachelor thesis, Podomoro University.

[img]
Preview
Text (Cover)
11170014_TA_1_Cover.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Surat Bebas Plagiat)
11170014_TA_2_SuratBebasPlagiat.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Halaman Pengesahan)
11170014_TA_3_HalamanPengesahan.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (305kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Kata Pengantar)
11170014_TA_4_KataPengantar.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (245kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Halaman Pernyataan Persetujuan Publikasi)
11170014_TA_5_PersetujuanPublikasi.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (328kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Abstrak)
11170014_TA_6_Abstrak.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (230kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Isi)
11170014_TA_7_DaftarIsi.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Gambar)
11170014_TA_8_DaftarGambar.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Tabel)
11170014_TA_9_DaftarTabel.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Lampiran)
11170014_TA_10_DaftrLampiran.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1)
11170014_TA_11_BAB1.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (216kB) | Preview
[img] Text (Bab 2)
11170014_TA_12_BAB2.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (360kB)
[img] Text (Bab 3)
11170014_TA_13_BAB3.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (269kB)
[img] Text (Bab 4)
11170014_TA_14_BAB4.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (539kB)
[img] Text (Bab 5)
11170014_TA_15_BAB5.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (221kB)
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
11170014_TA_16_DaftarPustaka.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (198kB) | Preview
[img] Text (Lampiran)
11170014_TA_17_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (512kB)

Abstract

Perkembangan pandemi Covid-19 yang terjadi di Indonesia membawa dampak signifikan terhadap perubahan perilaku masyarakat termasuk di dalamnya perilaku menabung. Saat ini, konsumen sebagai nasabah suatu bank akan berpikir ulang untuk pergi ke bank untuk melakukan transaksi menabung. Untuk itu pihak bank harus memikirkan factor-faktor yang dapat mempengaruhi nasabah untuk datang melakukan transaksi menabung di bank. Untuk itu, semua bank tidak terkecuali Bank Mandiri dan BCA berlomba-lomba melakukan segala cara untuk menarik nasabah untuk tetap melakukan kegiatan menabung di bank. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh faktor demografi (usia, jenis kelamin, agama, etnis, pendidikan dan pendapatan), lokasi, promosi, produk, pelayanan dan kredibilitas bank Mandiri dan BCA terhadap minat nasabah untuk tetap menabung di kedua bank tersebut. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif yang digunakan untuk mencari data primer. Penelitian dilakukan di dua cabang bank Mandiri dan dua cabang BCA dengan jumlah responden masing-masing adalah 100 orang. Teknik purposive sampling digunakan untuk menentukan responden. Data diolah dengan SPSS dengan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan mayoritas nasabah BCA dan bank Mandiri berjenis kelamin perempuan, beragama Islam, beretnis Jawa, memiliki pendidikan setingkat SMA atau lebih tinggi, dan memiliki pendapatan > 5 juta per bulan. Hasil uji F (simultan) menunjukkan bahwa variabel umur, jenis kelamin, agama, etnis, pendidikan, pendapatan, kredibilitas, lokasi, promosi, produk dan layanan secara serempak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan nasabah untuk tetap menabung di BCA dan bank Mandiri pada saat pandemi Covid-19. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 66,4% variabel keputusan menabung nasabah pada BCA dapat dijelaskan oleh 11 faktor yang diuji. Sedangkan pada bank Mandiri 70,7% keputusan mengapa nasabah menabung di bank Mandiri dapat dijelaskan oleh variabel-variabel yang diuji.

Item Type: Thesis (bachelor)
Contributors (Pembimbing):
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
UNSPECIFIEDMariana, Christy Dwitanidn0319039203UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Mandiri, BCA, Nasabah, Minat, Menabung
Subjects: Entrepreneurship
Divisions: Prodi Kewirausahaan > Prodi Kewirausahaan (Skripsi)
Depositing User: Kurnia Sholihah
Date Deposited: 22 Sep 2021 06:50
Last Modified: 22 Sep 2021 06:50
URI: http://repository.podomorouniversity.ac.id/id/eprint/512

Actions (login required)

View Item View Item