Studi Desain Merchandise Genshin Impact Menggunakan Pendekatan Emotional Design

Devina, Stella (2023) Studi Desain Merchandise Genshin Impact Menggunakan Pendekatan Emotional Design. bachelor thesis, Podomoro University.

[img]
Preview
Text (Cover)
23190004_TA_1_Cover.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Surat Bebas Plagiat)
23190004_TA_2_SuratBebasPlagiat.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Halaman Pengesahan)
23190004_TA_3_HalamanPengesahan.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Kata Pengantar)
23190004_TA_4_KataPengantar.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Persetujuan Publikasi)
23190004_TA_5_PersetujuanPublikasi.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Abstrak)
23190004_TA_6_Abstrak.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Isi)
23190004_TA_7_DaftarIsi.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Gambar)
23190004_TA_8_DaftarGambar.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Tabel)
23190004_TA_9_DaftarTabel.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (43kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Lampiran)
23190004_TA_10_DaftarLampiran.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (42kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1)
23190004_TA_11_Bab1.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (392kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 2)
23190004_TA_12_Bab2.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 3)
23190004_TA_13_Bab3.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 4)
23190004_TA_14_Bab4.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (438kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 5)
23190004_TA_15_Bab5.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 6)
23190004_TA_16_Bab6.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
23190004_TA_17_DaftarPustaka.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Lampiran)
23190004_TA_18_Lampiran.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (413kB) | Preview

Abstract

Genshin Impact merupakan sebuah Role-Playing Game yang diciptakan oleh Hoyoverse pada September 2020. Setelah game ini dirilis, Hoyoverse mengeluarkan ketentuan tentang merchandise Genshin Impact, yaitu semua orang boleh memperjualbelikan merchandise buatan sendiri dengan syarat desain harus dibuat sendiri dan tidak boleh ada komponen yang diambil dari gambar resmi sedikit pun. Merchandise bertema game ini banyak ditemui di pasaran, baik yang ofisial maupun fan-made. Karena itu, penting untuk membuat tinjauan karakteristik merchandise yang disukai oleh pecinta game ini. Perasaan suka terhadap suatu karakteristik desain berkaitan erat dengan sisi emosional manusia. Pendekatan emotional design adalah sebuah pendekatan yang mengaitkan suatu produk dengan sisi emosional manusia berdasarkan tiga aspek, yaitu visceral, behavioral, dan reflective. Pada penelitian ini data dikumpulkan melalui kuesioner, wawancara, dan Focus Group Discussion (FGD). Kuesioner dan wawancara dilakukan untuk mengetahui karakteristik dari merchandise yang disukai oleh orang-orang. Dari hasil kuesioner, keychain dan Al Haitham merupakan merchandise dan karakter favorit dari responden. Berbagai prototipe keychain Al Haitham kemudian dibuat. Prototipe yang sudah jadi akan menjadi bahan utama diskusi pada FGD untuk menentukan karakteristik merchandise Genshin Impact yang disukai dan ditinjau menggunakan pendekatan emotional design. Hasil penelitian menyatakan bahwa karakteristik merchandise yang ditinjau menggunakan aspek-aspek emotional design saling berkesinambungan satu sama lain.

Item Type: Thesis (bachelor)
Contributors (Pembimbing):
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
UNSPECIFIEDJunianto, Aloysius Baskoronidn0307067108UNSPECIFIED
UNSPECIFIEDRostiyanti, Susy Fatenanidn0320106903UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Merchandise Game, Genshin Impact, Karakteristik Merchandise, Emotional Design
Subjects: Product Design
Divisions: Prodi Desain Produk
Depositing User: Prasetiyo Suhendro
Date Deposited: 12 Sep 2023 06:37
Last Modified: 12 Sep 2023 06:37
URI: http://repository.podomorouniversity.ac.id/id/eprint/932

Actions (login required)

View Item View Item