Paramita, Gita Kania
(2024)
Faktor Determinan Kohesi Sosial Konsumen Official Merchandise K-Pop.
bachelor thesis, Podomoro University.
Abstract
Fenomena budaya global, Korean Wave, saat ini menjadi topik hangat, salah satu yang paling dibicarakan adalah kepopuleran K-pop yang berkembang pesat di berbagai belahan dunia. K-pop tak hanya menyajikan musik, melainkan juga menawarkan berbagai produk idolanya sebagai simbol afiliasi dengan kelompok atau idola yang dikagumi. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhi keputusan pembelian official merchandise K-pop, serta menganalisis peran keputusan membeli sebagai variabel intervening dalam hubungan antara faktor-faktor yang memengaruhi pembelian dan kohesi sosial konsumen official merchandise K-pop. Sebanyak 328 responden yang merupakan fans K-pop berpartisipasi dalam survei online yang selanjutnya dianalisa menggunakan metode kuantitatif Structural Equation Modeling berlandaskan pada paradigma positivisme. Pemilihan responden dalam penelitian ini ditentukan menggunakan teknik accidental sampling, yang dilakukan dengan memperhatikan berbagai karakteristik yang relevan dengan permasalahan penelitian. Dari hasil penelitian ini ditemukan peran Keputusan Membeli sebagai variabel intervening antara variabel Emosional, Sosial, dan Fungsional terhadap variabel Kohesi Sosial konsumen official merchandise K-pop. Sedangkan, variabel Kualitas ditemukan memiliki hubungan langsung terhadap Kohesi Sosial konsumen official merchandise K-pop. Temuan penelitian ini diharapkan dapat menyajikan wawasan yang berguna sebagai benchmark bagi para pebisnis dan para pengambil keputusan dalam merancang strategi pemasaran dan manajemen produk yang lebih efektif. Selanjutnya, diharapkan adanya pendalaman riset terkait penjelasan terbentuknya kohesi sosial dalam kegiatan pemasaran.
Actions (login required)
|
View Item |