Faktor Pendorong dan Dampak Dari Peralihan Usaha Mikro Ke Pemasaran Digital Sebagai Solusi Meningkatkan Penjualan Pada Masa Pandemi COVID-19

Shania, Windy (2021) Faktor Pendorong dan Dampak Dari Peralihan Usaha Mikro Ke Pemasaran Digital Sebagai Solusi Meningkatkan Penjualan Pada Masa Pandemi COVID-19. bachelor thesis, Podomoro University.

[img]
Preview
Text (Cover)
11170022_TA_1_Cover.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Surat Bebas Plagiat)
11170022_TA_2_SuratBebasPlagiat.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (595kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Halaman Pengesahan)
11170022_TA_3_HalamanPengesahan.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (301kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Kata Pengantar)
11170022_TA_4_KataPengantar.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Halaman Pernyataan Persetujuan Publikasi)
11170022_TA_5_PersetujuanPublikasi.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Abstrak)
11170022_TA_6_Abstrak.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Isi)
11170022_TA_7_DaftarIsi.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (258kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Gambar)
11170022_TA_8_DaftarGambar.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Tabel)
11170022_TA_9_DaftarTabel.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Lampiran)
11170022_TA_10_DaftrLampiran.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1)
11170022_TA_11_BAB1.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (577kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 2)
11170022_TA_12_BAB2.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 3)
11170022_TA_13_BAB3.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (230kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 4)
11170022_TA_14_BAB4.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 5)
11170022_TA_15_BAB5.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
11170022_TA_16_DaftarPustaka.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (860kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Lampiran)
11170022_TA_17_Lampiran.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) memiliki kontribusi yang besar terhadap perekonomian Indonesia terbukti dengan 60,3% PDB Indonesia berasal dari UMKM. Namun, UMKM mengalami penurunan penjualan dan kendala lainnya sebagai akibat pandemi COVID- 19. Salah satu hal yang dapat membantu usaha mikro dalam mengupayakan pertahanan di masa pandemi ini adalah pemasaran digital. Teknologi yang sudah semakin maju membuat pemasaran digital juga menjadi lebih mudah dan bermanfaat. Namun, hanya 9,4 juta UMKM yang menggunakan pemasaran digital dan masih 54,8 juta UMKM yang belum beralih ke pemasaran digital. Oleh karena itu, penelitian ini membahas mengenai faktor yang mendorong untuk melakukan pemasaran digital oleh usaha mikro di Indonesia. Penelitian ini mengelola 111 data responden yang merupakan pemilik dan pengelola usaha mikro di Indonesia. Data dari penelitian ini dikelola dengan software SmartPLS. Dari hasil penelitian didapatkan 2 faktor yang mendorong usaha mikro dalam menggunakan pemasaran digital, utamanya yaitu kegunaan pemasaran digital serta didukung oleh kemudahan penggunaannya. Kemudian, dampak yang diperoleh usaha mikro dari melakukan pemasaran digital termasuk di dalamnya adalah rasa pengendalian terhadap usaha, rasa kesenangan dan pengembangan diri. Rasa pengendalian terhadap usaha menjadi dampak yang paling signifikan dari penggunaan pemasaran digital oleh pemilik dan pengelola usaha mikro

Item Type: Thesis (bachelor)
Contributors (Pembimbing):
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
UNSPECIFIEDDewobroto, Wisnu Saktinidn0301107801UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pemasaran Digital, Penjualan, Usaha Mikro, COVID-19, Indonesia
Subjects: Entrepreneurship
Divisions: Prodi Kewirausahaan > Prodi Kewirausahaan (Skripsi)
Depositing User: Kurnia Sholihah
Date Deposited: 16 Sep 2021 07:25
Last Modified: 16 Sep 2021 07:25
URI: http://repository.podomorouniversity.ac.id/id/eprint/496

Actions (login required)

View Item View Item