Perancangan Permainan Interaktif Sebagai Media Pembelajaran Anak Dengan Menerapkan Cerita Rakyat La Moelu

Callista, Chelsea (2024) Perancangan Permainan Interaktif Sebagai Media Pembelajaran Anak Dengan Menerapkan Cerita Rakyat La Moelu. bachelor thesis, Podomoro University.

[img]
Preview
Text (Cover)
1. 23200026_Cover.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Surat Bebas Plagiat)
2. 23200026_Surat Bebas Plagiat.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Halaman Pengesahan)
3. 23200026_Halaman Pengesahan.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Kata Pengantar)
4. 23200026_Kata Pengantar.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (338kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Persetujuan Publikasi)
5. 23200026_Persetujuan Publikasi.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (41kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Abstrak)
6. 23200026_Abstrak.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Isi)
7. 23200026_Daftar Isi.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Gambar)
8. 23200026_Daftar Gambar.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Tabel)
9. 23200026_Daftar Tabel.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Lampiran)
10. 23200026_Daftar Lampiran.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1)
11. 23200026_Bab 1.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 2)
12. 23200026_Bab 2.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (613kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 3)
13. 23200026_Bab 3.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 4)
14. 23200026_Bab 4.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 5)
15. 23200026_Bab 5.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 6)
16. 23200026_Bab 6.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
17. 23200026_Daftar Pustaka.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Lampiran)
18. 23200026_Lampiran.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Sebagai kebudayaan berbentuk sastra lisan, eksistensi cerita rakyat seperti cerita La Moelu dari Sulawesi Tenggara semakin tergerus perkembangan zaman dan sedikitnya tetua daerah yang tersisa. Padahal cerita tentang anak bernama La Moelu dengan ikan ajaib bernama Jinnande yang bisa berubah ukruan sesuai dengan wadahnya merupakan cerita yang menarik dan mudah diingat oleh anak-anak. Demi mengembalikan popularitasnya, cerita ini diterapkan ke dalam perancangan produk dengan target pengguna anak-anak, dalam bentuk permainan puzzle yang lekat dengan keseharian anak, bervariasi, dan bermanfaat mengasah kemampuan anak. Kolaborasi data hasil penggunaan metode kualitatif melalui observasi dan wawancara yang ditujukan kepada anak-anak, produsen mainan, penulis cerita anak, dan pembimbing RPTRA dengan standar penilaian yang mengacu pada Panduan APE dari Kemendikbud, menginspirasi proses perancangan dengan pendekatan design thinking yang menghasilkan permainan edukasi interaktif berbentuk puzzle ikan dengan kepingan berisi teks dan gambar adegan cerita yang bisa “dipancing” oleh anak, yang akan membantu pengembangan berbagai aspek seperti kognitif, sensorik, motorik dengan cara yang bisa dinikmati oleh anak, mendorong semangat eksplorasi dan kemudahan mengingat cerita rakyat pada anak.

Item Type: Thesis (bachelor)
Contributors (Pembimbing):
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
PembimbingLestari, Dinanidn0325121201UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: cerita rakyat la moelu, permainan interaktif, media pembelajaran, Chelsea
Subjects: Product Design
Divisions: Prodi Desain Produk
Depositing User: Library Team
Date Deposited: 23 Aug 2024 08:47
Last Modified: 23 Aug 2024 08:47
URI: http://repository.podomorouniversity.ac.id/id/eprint/1241

Actions (login required)

View Item View Item