Redesain Terminal Bus Terpadu Kalideres Dengan Pendekatan Arsitektur Berkelanjutan (Sustainable Architecture) Di Jakarta Barat

Ferels, Arnott (2020) Redesain Terminal Bus Terpadu Kalideres Dengan Pendekatan Arsitektur Berkelanjutan (Sustainable Architecture) Di Jakarta Barat. bachelor thesis, Podomoro University.

[img]
Preview
Text (Cover)
21160026_TA_1_Cover_1_1254022209.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Surat Bebas Plagiat)
21160026_TA_2_SuratBebasPlagiat_1_287484020.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (482kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Halaman Pengesahan)
21160026_TA_3_HalamanPengesahan_1_1586991542.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (384kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Kata Pengantar)
21160026_TA_4_KataPengantar_1_660979662.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (460kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Halaman Pernyataan Persetujuan Publikasi)
21160026_TA_5_PersetujuanPublikasi_1_1245527582.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (459kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Abstrak)
21160026_TA_6_Abstrak_1_333215884.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Isi)
21160026_TA_7_DaftarIsi_1_637809480.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Gambar)
21160026_TA_8_DaftarGambar_1_1230887673.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Tabel)
21160026_TA_9_DaftarTabel_1_285780349.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Lampiran)
21160026_TA_10_DaftrLampiran_1_1529370367.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1)
21160026_TA_11_BAB1_1_872024011.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 2)
21160026_TA_12_BAB2_1_461906237.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (7MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 3)
21160026_TA_13_BAB3_1_1032137712.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 4&5)
21160026_TA_14_BAB4&5.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 6)
21160026_TA_15_BAB6_1_641511879.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
21160026_TA_16_DaftarPustaka_1_1615706327.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Lampiran)
21160026_TA_17_Lampiran_1_980102083.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Indonesia merupakan negara dengan populasi terbanyak ke-4 (empat) di seluruh dunia, Kota Jakarta, adalah ibukota Indonesia dengan jumlah penduduk 10,5 juta jiwa dengan kepadatan hingga 15,763 jiwa per meter persegi. Maka dari itu, banyak mobilitas terjadi pada dalam dan luar kota sehingga kebutuhan harian seperti transportasi publik menjadi sangat penting untuk menyokong pergerakan yang sangat cepat dan praktis. Sayangnya, pertumbuhan penduduk yang drastis ini tidak di imbangi dengan perkembangan infrastruktur kota yang mengakibatkan kemacetan akan kendaraan pribadi, kriminalitas, polusi udara dan banyak lainnya. Dengan kondisi seperti ini, perlu adanya pengembangan baru yang signifikan dan disruptif, salah satunya dengan adanya fungsi terminal bus terpadu yang dapat mendukung perpindahan antar moda yang efisien, sistem integrasi yang tepat dan taktis , memberdayakan masyarakat dan berkelanjutan (sustainability) yang juga adalah sebuah keharusan. Perancangan ulang (redesain) Terminal Bus Kalideres (menjadi Terminal Bus Terpadu Kalideres) dengan pendekatan sustainable architecture membuat gagasan baru sehingga efisiensi dan performa pada bangunan dapat di maksimalkan lebih mendalam. Setelah melakukan analisa secara mendalam, Terminal eksisting memiliki rata-rata nilai “kurang”, 4 (empat) aspek utama yang di antaranya adalah: (1) energi terbarukan, yang terburuk (2) pencahayaan, (3) ruang terbuka hijau dan (4) manajemen material dan limbah. Oleh sebab itu, solusi yang di tawarkan adalah (1) penggunaan elemen energi terbarukan, seperti solar panel dan energy floor, (2) membuat rancangan passive design sehingga matahari dan angin masuk secara alami, (3) merancang ruang hijau yang selain dapat meningkatkan kualitas lingkungan, juga meningkatkan kualitas orang di terminal, (4) penggunaan material yang berkelanjutan, dan (5) memaksimalkan sistem air dan daur ulangnya.

Item Type: Thesis (bachelor)
Contributors (Pembimbing):
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
UNSPECIFIEDNadia, Adlinidn0322058205UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: terminal bus terpadu, arsitektur berkelanjutan, ekonomi, sosial, lingkungan dan budaya, intermoda
Subjects: Architecture
Divisions: Prodi Arsitektur
Depositing User: Kurnia Sholihah
Date Deposited: 01 Sep 2020 02:37
Last Modified: 01 Sep 2020 02:37
URI: http://repository.podomorouniversity.ac.id/id/eprint/37

Actions (login required)

View Item View Item